Pengacara Cerai Kebumen

Posted on

Pengacara cerai Kebumen – Perpisahan dengan cara bercerai bagi semua pasangan menikah, sudah pasti merupakan mimpi buruk. Hanya saja terdapat beberapa situasi khusus, yang justru lebih baik jika perceraian keduanya lakukan. Pengacara cerai Kebumen dapat membantu sebagai mediator di luar pengadilan. Apabila klien berpendapat masih bisa mengupayakan langkah lain.

Pengacara Perceraian Kebumen
Pengacara Perceraian Kebumen

Kami juga memberikan konsultasi hukum keluarga, secara transparan. Dengan harapan klien teredukasi, dan menjadi lebih paham akan situasi kasusnya saat ini. Teruntuk pembaca yang hendak mengurus gugatan cerai ke Pengadilan Agama. Pastikan jika telah mengetahui prosedur yang berlaku. Bandingkan apakah menggunakan jasa pengacara perceraian lebih efisien ketimbang mengurusnya sendiri.

Peran Pengacara Cerai Kebumen dalam Persidangan

Peran pengacara cerai Kebumen dalam persidangan. Total adal sekitar 6 kali persidangan cerai, dengan berita acara yang berbeda. Umumnya membutuhkan proses perceraian sekitar 6 bulan, dari semenjak memperoleh jadwal sidang pertama. Bagi klien yang berasal dengan background, memiliki segudang aktifitas. Sudah pasti lamanya proses perceraian, bisa menghambat dirinya melakukan pekerjaan atau aktifitas yang lain. Maka dari itu kehadiran pengacara cerai Kebumen, adalah memberikan kemudahan juga fleksibelitas dengan cara yang sesuai aturan hukum Indonesia.

Persidangan pertama perceraian, berita acaranya masuk ke tahap mediasi. Pada tahap ini ada kewajiban untuk kedua belah pihak, baik itu penggugat atau tergugat untuk sama-sama hadir. Pada proses mediasi ini pengacara perceraian tidak akan, mengintervensi semua keputusan klien. Adapun pertanyaan seputar konsultasi hukum, perlu lawyer jawab sesuai koridornya saja. Kadangkala tahap mediasi mampu menghentikan pasangan untuk bercerai. Hanya saja berdasarkan pengalaman pengacara cerai Kebumen, persentase terjadi perdamaian terbilang kecil.

Setelah proses mediasi selesai, kemudian hakim mendapati kedua pihak masih tidak berdamai. Maka agenda persidangan selanjutnya akan dibuat. Surat gugatan yang sebelumnya sudah kuasa hukum anda buat. Pada persidangan kedua, penggugat atau pengacara perceraian akan membacakannya langsung. Dalam persidangan kedua penggugat bisa membatalkan, mengubah, dan pastinya mempertankan isi gugatan cerai.

Jika agenda persidangan kedua adalah pembacaan gugatan. Maka tahap selanjutnya dalam persidangan ketiga. Giliran tergugat yang menanggapi isi surat gugatan tersebut. Apabila menggunakan “jasa pengacara cerai Kebumen”, maka penggugat pihak tak perlu hadir dalam persidangan. Jawaban dapat disampaikan dalam bentuk surat. Barulah sidang keempat menjadi kesempatan penggugat menyampaikan repliknya. Sementara agenda untuk sidang kelima adalah duplik. Setelah kedua pihak selesai dengan pendapat dan bukti.

Keputusan akan keluar dalam persidangan keenam. Sebelumnya kedua pihak melalui pengacara perceraiannya masing. Sudah harus menyampaikan klausanya masing-masing. Barulah hasil kesimpulan tersebut, oleh majelis hakim akan dimusyawarahkan. Hasil bermusyawarah lantas menelurkan keputusan pengadilan Agama atas status perkawinan anda.

Jasa Pengacara Memperjuangkan Hak Klien Pasca Bercerai

Banyak faktor memang yang melatar belakangi keputusan pasangan untuk bercerai. Indonesia sendiri mencatatkan beberapa kasus tertinggi dalam perceraian. Beberapa diantaranya adalah perselingkuhan, KDRT, dan kesenjangan ekonomi. Sekalipun penggugat adalah istri, hukum perceraian menetapkan jika mantan suami tetap berkewajiban menafkahi istrinya.

Merujuk pada Instruksi Presiden No. 1 Thn 1991 tentang KHI. Anda akan mendapatkan penjelasan, seputar kewajiban suami. Terhadap istri yang diceraikannya karena talak. Mantan suami harus membayarkan mut’ah boleh dalam bentuk barang ataupun uang. Nafkah juga wajib diberikan ketika sang istri bercerai dalam keadaan hamil anak sang mantan suami. Selanjutnya mahar yang masih terhutang, wajib untuk segera dilunasi. Termasuk memberikan biaya hadhanah untuk anak-anak hasil pernikahan yang kurang dari 21 thn.

Pasangan yang sudah menjadi mantan suami dan mantan istri. Tetap harus mentaati setiap keputusan dari Pengadilan Agama ataupun Pengadilan Negeri. Apabila pada prakteknya, hak anda tidak diberikan sebagaimana mestinya. Pergunakan jasa pengacara kebumen untuk mengajukan tuntutan, merujuk pada keputusan pengadilan. Gugatan untuk hak mantan istri seperti nafkah, mut’ah, iddah. Oleh pengacara perceraian biasanya akan diajukan bersamaan dengan gugatan cerai. Sementara penggugatan harta bersama sebaiknya justru dilakukan dalam gelar perkara yang terpisah.

Antisipasi Hukum Cerai Talak Menggunakan Jasa Pengacara

Lantas apa langkah antisipasi hukum cerai talak menggunakan jasa pengacara. Kata talak sendiri dikenal masyarakat dalam Islam. Pertanyaan yang kerap menghamipiri pengacara perceraian adalah, apakah perceraian lantas menjadi sah jika suami sudah menalak istri tanpa adanya putusan pengadilan? Kemudian masyarakat juga kerap bingung, mengambil langkah hukum. Karena tidak mengerti harus tunduk pada hukum positif perkawinan Indonesia atau hukum Islam.

Pasal 117 Kompilasi Hukum Islam sendiri sudah membahas tentang maksud dari talak. Disebutkan jika talak merupakan ikrar suami, dihadapan Pegadilan Agama. Pasal 14 PP No. 9 Thn 1975, juga menyebutkan jika suami yang menikah menurut agama Islam. Kemudian mengambil keputusan untuk menggugat istrinya. Harus terlebih dahulu mengirim surat gugatan, ke Pengadilan Agama tempatnya berdomisili. Isi surat berisikan pemberitahuan, maksus darinya menceraikan sang istri. Pengacara perceraian mengambil peran dalam membuat surat gugatan agar sesuai dengan ketentuan.

Pasal 129 KHI sendiri membahas, tentang prosedur seorang suami yang mengajukan permohonan lisan atau tertulis. Kepada Pengadilan Agama dimana tempat sang istri tinggal. Kuasa hukum akan menanyakan alasan anda mengajukan permohonan, sebagai kepentingan pengajuan surat tersebut. Kesimpulannya talak sah dimata hukum negara, ketika pihak pemohon atau sang suami mengucapkan talaknya dalam persidangan.

Menggunakan jasa pengacara perceraian yang tepat, tidak akan membuat anda terjebak dalam ketidak mengertian. Hukum Islam dengan penerapan hukum positif Indonesia, sudah dilakukan sinkronisasi. Anda bisa melihatnya melalui penerapan dan landasan hukum KHI saat mengajukan permohonan cerai.

Pengacara Perceraian Membantu Gugatan dari Perkawinan Siri

Pengacara perceraian yakin jika tidak banyak masyarakat yang mengerti, bahwa sejatinya pernikahan siri juga bisa mengajukan gugatan cerai. Walau banyak orang mengatakan jika perkawinan siri, bukanlah bentuk pernikahan sah. Faktanya dalam KHI pasal 4, anda yang menjalani pernikahan siri sudah sah secara hukum Islam. Lantas bagaimana dengan aturan hukum yang menyatakan jika legalisasi sebuah pernikahan ditentukan dari kepemilikan buku atau akta nikah.

Bagi anda yang hendak mengajukan namun tidak memiliki akta nikah. Dengan menggunakan jasa pengacara perceraian, dapat mengajukan persidangan Itsbat cerai ke Pengadilan Agama. Itsbat cerai menjadi satu-satunya proses yang akan mengesahkan sebuah perkawinan siri. Sekaligus menceraikan pasangan tersebut, berdasarkan permintaan salah satu pihak atau keduanya.

Sebelum itu pastikan jika anda yang hendak mengajukan permohonan Itsbat cerai, untuk melengkapi syarat dan ketentuan yang berlaku. Melalui jasa pengacara, memberikan surat penganatar dari KUA. Surat memberikan keterangan jika pernikahan tidak tercatat dalam wilayah tersebut. Surat gugatan yang oleh klien sudah sepakati diajukan ke Pengadilan Agama. Kemudian KTP fotokopi dan Kartu Keluarga fotokopi.

Pengacara Perceraian Juga Memperjuangkan Hak Pemeliharaan Bagi Anak

Undang-Undang Perkawinan juga dengan jelas menjabarkan, hak terhadap pemeliharaan anak pasca orang tuanya bercerai. Baik mantan suami ataupun istri sama-sama memiliki hak yang seimbang untuk merawat dan membesarkan anak hasil pernikahan mereka. Meskipun keduanya memiliki perselisihan. Tetap saja UU Perkawinan pasal 50 menetapkan, jika anak yang masih 18 tahun kebawah. Masih menjadi tanggung jawab dan berada dalam kuasa perwalian orangtuanya. Hal tersebut terkait pula pada kepentingan pribadi anak, juga harta benda yang dimilikinya.

Baca Juga : Pengacara Cerai Banjarnegara.

Hukum Perkawinan Indonesia memang memberikan kebebasan, bagi siapapun pasangan yang hendak berpisah secara hukum. Namun pengacara peceraian menjelaskan, jika masih ada akibat hukum yang menjadi tanggung jawab semua pihak terkait. Masa depan anak tidak boleh lantas terabaikan. Pengacara cerai Kebumen siap kapan saja menerima konsultasi, seputar hukum keluarga dan perceraian.

Konsultasi Dengan Pengacara Cerai Kebumen

Jika masih ada hal yang perlu ditanyakan terkait masalah perceraian, gugatan cerai, dan masalah hukum secara umum, silahkan konsultasikan terlebih dahulu dengan:

Johan Purnomo, S.H – Pengacara Purwokerto, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Banyumas. Menerima Jasa Konsultasi Hukum, Pendampingan Kasus Perdata & Pidana. Kasus Penipuan, Penganiayaan, Perceraian, Penggelapan, Sengketa Tanah, Pencabulan, ITE, Pencemaran Nama Baik, Advokat yang melayani hukum Hak Asasi Manusia, Internasional, Jaminan dan Penagihan Utang, Keluarga dan Waris, Kepailitan, Merger dan Akusisi, Pajak, Pasar Modal, Paten, Merek dan Hak Cipta, Perbankan dan Keuangan, Perburuhan dan Tenaga Kerja, Perusahaan Pidana, Telekomunikasi dan Teknologi dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *