√ Pengacara Banjarnegara : Jasa Konsultasi, Pendampingan Hukum Pidana & Perdata

Posted on

Pengacara Banjarnegara – Seorang kuasa hukum bersama timnya memiliki serangkaian tugas, menyesuaikan dengan spesialiasi firma. Hanya saja secara menyeluruh pengacara Banjarnegara, sudah pasti akan meneliti uu untuk menentukan permasalahan hukum seseorang. Lawyer sebagai konsultan juga mendapat izin untuk bisa memberi input kepada klien. Terlepas apakah komunikasi akan membahas seputar perkara hukum atau non hukum.

Pengacara Banjarnegara : Jasa Konsultasi, Pendampingan Hukum Pidana & Perdata
Pengacara Banjarnegara : Jasa Konsultasi, Pendampingan Hukum Pidana & Perdata

Karena melayani jasa konsultasi, maka termasuk juga dengan tahap mediator dan negosiasi. Bahkan tidak sedikit corporation yang menggunakan kuasa hukum. Dalam kepentingan membuat surat kerjasama, kontrak atau dokumen hukum lainnya. Ketika menangani sebuah kasus, kuasa hukum akan melakukan investigasi fakta. Tahapan tersebut masuk kedalam proses penelitian hukum dan analisa kasus. Pada intinya hak-hak klien akan pengacara Banjarnegara perjuangkan semaksimal mungkin.

Pengacara Banjarnegara

Cara pengacara Banjarnegara menganalisa perkara, menyesuaikan dengan kondisi kasus dan klien. Pengacara Banjarnegara boleh menerima perkara dari calon kliennya, mengikuti aturan etik profesi. Salah satu contohnya adalah ketika perkara sama sekali, tidak bertentangan dengan keahlian dari kuasa hukum. Maka dari itu membutuhkan proses analisa atau studi kasus. Walaupun lingkup kerja seorang praktisi hukum mencakup litigasi dan non litigasi.

Cara pengacara Banjarnegara menganalisa perkara

Kasus yang termasuk dalam kategori penanganan khusus, antara lain adalah kepentingan badan, lembaga dan korporasi. Seperti melakukan akuisi, mempersiapkan kebutuhan merger, menyatakan situasi suatu badan usaha. Layaknya perusahaan yang pailit dan gagal membayar hutang piutang. Terlepas perkara yang akan lawyer tangani, merupakan kasus pidana atau perdata. Nantinya klien akan berkomunikasi tidak dengan hanya satu orang saja.

Pasalnya dalam sebuah firma hukum, terdapat tim lawyer. Mulai dari partner, senior dan juga junior associate. Etikanya tim lawyer anda akan mengambil keputusan bersama, apakah mampu menangani kasus tersebut atau terpaksa menolaknya. Keputusan umumnya terjadi dalam rapat forum internal firma. Alasan utama yang kuasa hukum pakai sebagai bahan pertimbangan. Karena membela perkara hukum seseorang, membutuhkan pertanggung jawaban profesi.

Maka dari itu sebaiknya calon klien terbuka, kemudian menyampaikan semua materi perkara dengan transparan. Sama halnya juga dengan pemberi jasa bantuan hukum. Harus menyampaikan kepada pihak bersangkutan, situasi apa yang sebenarnya terjadi. Kuasa hukum profesional seperti pengacara Banjarnegara, sudah pasti tidak asal terima perkara. Hanya saja siapapun pasti akan firma layani sesuai kebutuhannya.

Mekanisme Mengajukan Gugatan Perdata Bersama Pengacara

Bagi khlayak umum pastinya sudah familiar dengan aktivitas pengajuan gugatan perdata. Namun tahukah anda jika permohonan dan gugatan, merupakan dua hal terlihat sama tetapi berbeda. Pengacara kasus perdata pastinya memahami, apabila kedua sebutan memiliki kesinambungan pada proses pemeriksaan di pengadilan.

Permohonan merupakan permasalahan perdata, yang oleh pengacara kasus perdata akan ajukan kepada pengadilan negeri. Dalam bentuk surat permohonan, yang oleh klien sudah tanda tangani. Permohonan jika dalam dunia hukum, disebut sebagai gugatan sukarela. Karena gugatan sifatnya hanya sepihak, tanpa adanya pihak tergugat. UU No 14 Thn 1970 Pasal 2 ayat 1 menjadi landasan hukum laporan, tentang kekuasaan kehakiman. Umumnya permohonan berisikan penegasan sesuatu, yang meminta adanya penyelesaian masalah terkait.

Sementara gugatan perdata sendiri, memiliki unsur sengketa antara dua belah pihak. Klien bisa mengajukan gugatan sekalipun pihak lawan, telah melakukan pelaporan atas gugatan serupa. Pengacara kasus perdata perlu menginformasikan kepada kliennya. Jika gugatan sendiri memiliki dua kategori, yaitu secara lisan dan tertulis. Dasar hukum yang melandasi aksi tersebut adalah pasal 118 ayat 1.

Setelah kuasa hukum melengkapi berkas, maka pihak pengadilan akan lanjut melakukan pemeriksaan gugatan. Tergugat memiliki hak untuk membantah semua tuduhan yang penggugat ajukan. Pada tahapan ini akan menjadi ranah debat dan perbantahan. Sanggahan dari pihak lawan, bisa pengadilan terima mengunakan format replik duplik. Selanjutnya pengadilan akan mengambil kesimpulan.

Keuntungan Menggunakan Jasa Pengacara untuk Gugatan Perdata

Sudah pasti ada banyak keuntungan, bagi klien jika menggunakan jasa profesional hukum. Tahukah anda jika sebuah kasus gugatan sengketa kerjasama, atau gugatan wanprestasi. Justru menjadi momen kemenangan oleh pihak tergugat. Fakta tersebut bukanlah salah memilih jasa pengacara. Melainkan ada ketidak sempurnaan fakta dan landasan hukum, yang oleh lawyer pergunakan sebagai bahan gugatan.

Hal ini akan kembali mengingatkan klien, untuk selalu terbuka menjelaskan semua materi perkara kepada kuasa hukumnya. Anda tidak perlu khawatir rahasia tersebut bocor, karena lawyer terikat sumpah profesi.Ada banyak hal yang klien bisa peroleh, jika menggunakan jasa pengacara untuk mengajukan gugatan.

Pengacara Membantu Menganalisa Gugatan Senketa Kerjasama

Kuasa hukum Banjarnegara akan membantu melakukan evaluasi klausa perselisihan, dalam surat perjanjian kerjasama. Karena tidak semua sengketa akan berakhir diatas meja persidangan. Apabila kontrak mencantumkan penyelesaian sengketa melalui cara abritase. Maka secara otomatis pengacara anda tidak akan mengajukan perkara ke pengadilan.

Seringkali orang awam kaget ketika pengadilan menolak gugatannya. Padahal menurut mereka, kasus sudah cukup dasar untuk menggugat. Maka dari itu ketika melakukan penandatangan kerjasama. Sebaiknya memperhatikan secara mendetail, setiap pasal dan butir perjanjian.

Menggunakan jasa pengacara, akan membuat anda terhindar dari salah mengambil langkah hukum. Surat perjanjian kerjasama juga tidak sah, apabila mencantumkan butir 2 jenis penyelesaian sengketa. Alasan mengapa pengacara kasus perdata, tidak akan ngotot memaksakan gugatan ke pengadilan untuk kasus abritase. Lantaran sudah ada landasan hukumnya sendiri untuk kasus abritase. Penyelesaian sengketa kerjasama dengan abritase, tercatat dalam UU abritase No. 30 thn 1999 pasal 3.

Pengacara Memperjuangkan Hak Dalam Gugatan Wanprestasi

Keuntungan selanjutnya dengan menggunakan jasa pengacara. Klien yang merasa dirugikan dari sebuah perjanjian, dapat mengajukan gugatan perdata untuk kategori wanprestasi. Unsur sederhana kasus wanprestasi sendiri, adalah seseorang yang telah lalai dalam melakukan tanggung jawabnya. Tuntutan untuk perkara demikian, umumnya menggunakan landasan hukum KUHPer Pasal 1234.

Klien berhak atas penggantian dana ganti rugi, apabila kesepakatan tak terpenuhi. Untuk bisa seorang kuasa hukum membuat berkas perkara kategori ini. Klien harus menunjukkan bukti perjanjian kedua belah pihak. Selanjutnya tim kuasa hukum Banjanegara akan melakukan evaluasi. Sekiranya bagian mana dalam perjanjuan yang sudah melanggar kesepakatan.

Wanprestasi sendiri apabila mendapatkan pengembangan lebih jauh. Dapat pula masuk ke dalam koridor perbuatan melawan hukum. PMH memang lebih identik untuk kasus pidana. Tetapi tidak sedikit pula perkara perdata, yang masuk kedalam unsur melawan hukum. Landasan hukum untuk PMH tercatat dalam pasal 1365 KUHPer. Pihak terlapor haruslah individu yang mengganggu hak orang lain. Kemudian perbuatannya menentang kewajiban hukum.

Berikut ini adalah kasus wanprestasi yang pihak kuasa hukum bisa perjuangkan untuk anda:
1. Terlapor atau tergugat tidak melakukan sesuai perjanjian.
2. Terlapor atau tergugat melakukan sesuai perjanjian, hanya saja tak sesuai kesepakatan.
3. Terlapor atau tergugat tetap melakukan kesepakatan, namun terlambat dari ketentuan waktu.
4. Terlapor atau tergugat mengambil tindakan yang oleh kedua pihak disepakati terlarang.

Pengacara Menyelesaikan Sengketa Lewat Gugatan Sederhana

Bagi anda yang ingin mengajukan gugatan, namun nominal perkara tidak melebihi angka Rp 200 juta. Maka pengacara kasus perdata, akan menyarankan untuk mengajukan gugatan sederhana. Sebenarnya konsep ini baru muncul pada tahun 2015. Melalui peraturan MA No.2 thn 2015, tentang cara penyelesaian gugatan. Klien akan lebih cepat mendapatkan hak dan menyelesaikan perkaranya. Selain itu biaya proses pengadilannya pun jauh lebih ringan. Bahkan tahapan pemeriksaan berkas perkara pun jauh lebih simple.

Hal ini dapat anda manfaatkan untuk tetap memperoleh hak seutuhnya. Dasar dari gugatan adalah sengketa atas perbuatan melawan hukum. Termasuk pula tindakan yang tergolong wanprestasi. Kuasa hukum perlu menginformasikan jika, memilih gugatan sederhana. Pihak penggugat dan tergugat, harus berdomisili dalam satu wilayah pengadilan. Sebaliknya tergugat yang tak diketahui pasti tempat tinggalnya, pengadilan secara otomatis tidak bisa melanjutkan perkara.

Setiap keputusan dari pengadilan sifatnya bisa final atau banding. Pada tahap ini pengguna jasa pengacara, dapat langsung mengerti langkah hukum apa yang terbaik. Tuntutan gugatan sederhana, tak berbeda dengan gugatan umum. Hanya saja waktu penyelesaian jauh lebih singkat. Demikianlah informasi seputar keuntungan menggunakan jasa pengacara Banjanegara.

Sewa Pengacara Banjarnegara

Johan Purnomo, S.H Merupakan seorang pengacara profesional yang siap membantu menangani kasus hukum yang Anda butuhkan. Jangkauan layanan pengacara ini meliputi area Purwokerto, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Banyumas. Menerima Jasa Konsultasi Hukum, Pendampingan Kasus Perdata & Pidana. Kasus Penipuan, Penganiayaan, Perceraian, Penggelapan, Sengketa Tanah, Pencabulan, ITE, Pencemaran Nama Baik dll

Beberapa jasa layanan bantuan hukum atau pendampingan hukum yang banyak dicari klien-klien dari daerah Kota Banjarnegara dan sekitarnya meliputi:

  • Pengacara Cerai Banjarnegara
  • Pengacara Perceraian Banjarnegara
  • Sewa Pengacara Banjarnegara
  • Jasa Pengacara di Banjarnegara
  • Tarif Pengacara Kasus Banjarnegara
  • Biaya Sewa Pengacara Banjarnegara
  • Biaya Sewa Pengacara Kasus Penipuan
  • Biaya Sewa Pengacara Kasus Narkoba
  • Biaya Sewa Pengacara Kasus Penganiayaan
  • Biaya Sewa Pengacara Kasus Cerai
  • Biaya Sewa Pengacara Kasus Penggelapan
  • Biaya Sewa Pengacara Kasus Sengketa Tanah
  • Biaya Sewa Pengacara Kasus Pembunuhan
  • Biaya Sewa Pengacara Kasus Pemerkosaan
  • Biaya Sewa Pengacara Kasus Pencabulan
  • Biaya Sewa Pengacara Kasus Perdana
  • Biaya Sewa Pengacara Kasus ITE
  • Biaya Sewa Pengacara Kasus Pencemaran Nama Baik

Konsultasi Hukum Gratis

Sebelum Anda memutuskan memakai “jasa pengacara Banjarnegara”, ada baiknya Anda melakukan konsultasi langsung tentang detail permasalahan yang Anda alami atau menanyakan budjet jasa kami dan untuk selanjutnya memutuskan apakah akan memakai jasa pendampingan hukum kami, silahkan chat lewat whatsapp dibawah ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *